Wednesday, December 14, 2011

Jangan Mempersulit


JANGAN MEMPERSULIT

“Barangsiapa yang mempermudah urusan orang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan mempermudah urusannya di dunia dan di akhirat” (HR. Ibnu Majah).


Bangun dari tidur, kita langsung disambut oleh alam yang menawarkan berbagai kemudahan.

Ada air yang memudahkan untuk membasuh muka.

Ada tanah yang memudahkan telapak kaki untuk berpijak.

Ada matahari yang menerangi arah langkah.

Dan ada berbagai kemudahan lain yang siap pakai, meskipun tak dipakai pada saat yang sama.

Namun mengapa sebahagian manusia tidak berterimakasih kepada Pencipta segala kemudahan itu, dengan cara memberi kemudahan kepada hamba-hambaNya yang membutuhkan pertolongan?

Jujur harus diakui, ada di antara manusia yang suka mempersulit urusan hamba-hamba Allah di dunia ini. Urusan umat yang seharusnya bisa diselesaikan secara singkat sengaja dibuat menjadi panjang. Yang mudah sengaja dibuat berbelit.

Tak jarang, yang menjadi korbannya adalah orang-orang yang seharusnya paling pantas segera dibantu, terutama orang-orang lemah, yang terkena musibah, atau kalangan masyarakat biasa. Sedangkan yang dipermudah adalah orang-orang yang hidupnya sudah memiliki banyak kemudahan, seperti yang berpangkat atau berharta banyak.

Padahal mempersulit urusan umat bukan tak beresiko besar.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, "Siapa saja yang mempersulit urusan orang lain, maka akan dipersulit urusannya dan dicatat sebagai dosa."

Tentunya ini bukan hanya urusan-urusan di dunia, tetapi juga di akhirat kelak.

SEMOGA BERMANFAAT.

No comments:

Post a Comment